Detail Berita

Sosialisasi Branding UMKM melalui Media Sosial dan Marketplace untuk UMKM di Desa Peniwen

KKN Tematik Kelompok 4 Fakultas Vokasi UB menggelar salah satu proker, yaitu sosialisasi UMKM Melalui Media Sosial dan Marketplace yang dilaksanakan pada hari Selasa, 5 Juni 2022 pukul 13.00 WIB yang bertempat di Balai Desa Peniwen. Acara ini dihadiri oleh perwakilan UMKM Bumdes dan perangkat desa. Dalam kegiatan ini menghadirkan pemateri, yaitu Erlangga Setyawan, SP., MM. yang merupakan dosen D-IV Manajemen Perhotelan Fakultas Vokasi UB. Pada kegiatan ini para peserta tampak antusias saat mendengarkan materi yang ada. Dalam pemaparan materi disampaikan tentang branding produk untuk meningkatkan transaksi penjualan, komunikasi sebagai kunci penting antarpenjual dan pembeli, serta pemanfaatan media sosial secara efektif. Hal ini selaras dengan produk yang dijual oleh peserta, di antaranya adalah bisnis katering, warung kelontong, kue kering, dsb. Dari materi yang dipaparkan, salah satu peserta mengajukan pertanyaan

“ Bagaimana cara menghadapi para pesaing dalam UMKM?”

Salah satu pertanyaan yang mendapatkan jawaban singkat, tetapi jawaban ringkas, yaitu

“ Jangan habiskan energi kita untuk memikirkan para pesaing, tetapi fokus saja pada produk kita sendiri dan kembangkan.”

Jadi, dari kegiatan ini dapat disimpulkan bahwa branding produk merupakan sesuatu yang harus dimiliki oleh setiap pebisnis karena merupakan hal penting. Tanpa adanya branding produk mungkin produk UMKM mungkin produk jarang dijangkau oleh khalayak ramai. Sebenarnya, kunci sukses dari branding produk sendiri bukan dari seberapa banyak produk kita DIBELI, melainkan seberapa banyak produk kita DIKETAHUI karena pada dasarnya branding sendiri adalah konsep untuk memperkenalkan produk kita.

Berita Lain